Pedoman Memilih Mesin Penggerak Kapal Perikanan

Pedoman Memilih Mesin Penggerak Kapal Perikanan - Ada beberapa aspek untuk memilih mesin untuk penggerak kapal. Mesin yang berkualitas pastinya akan memberikan daya dorong yang di harapkan. 

Terkadang nelayan kita membeli mesin hanya berdasarkan meniru dan mengadopsi kapal yang lain. Tidak berdasarkan pada hal hal menjadikan pedoman dalam memilih mesin penggerak kapal perikanan.

Mesin Penggerak Kapal biasa menggunakan mesin bensin ataupun mesin solar. Kebanyakan nelayan kita menggunakan mesin solar dan pemilihan tersebut karena kemudahan dalam perawatan , ;lantas hal ha apa lagi yang menjadikan pedoman bagi nelayan dalam memilih mesin penggerak kapal perikanan.

Pedoman Memilih Mesin Penggerak Kapal Perikanan

Pedoman Memilih Mesin Penggerak Kapal Perikanan
Ada beberapa pedoman dalam memilih mesin penggerak kapal perikanan antara lain :

- Kualitas Mesin Dapat Di Percaya

Bicara Kualitas pasti mengacu pada suatu merk perusahaan mesin. Baik Itu Perusahaan lama maupun perusahaan Baru. Semakin Kualitas nya bagus maka bisa di pastikan harganya juga lumayan bagus atau mahal.

- Sistemnya Simple

Sistemnya sismple bisa di artikan metode pengoperasian, perawatan dan perbaikan cukup mudah. Dalam memilih mesin terkadang sistem  yang terlalu rumit akan membuat nelayan menjadi enggan untuk memilih dan menggunakan mesin penggerak kapal tersebut.


- Mempunyai Nilai ekonomis

Nilai Ekonomis berarti mempunyai nilai keuntungan buat nelayan. Dengan harga ekonomis maka jangkauan nelayan untuk membelinya juga bisa di pastikan lebih bisa di beli.


Nilai ekonomis juga di antara nya Pemakaina BBM, OLI, Masa Pakai, Harga pembelian, Nilai Jual, Biaya Pemeliharaan, Suku cadang Tersedia

- Kontruksinya Praktis

Setelah sistem yang simple maka Konstruksinya praktis dan menyesuaikan dengan kapal nelayan. Konstruksi mesin juga di sesuaikan dengan konstruksi kasko kapal perikanan.

- Getaran Mesin Tidak Besar

Dengan menggunakan sistem yang simple dan konstruksi yang praktis maka selanjutnya adalah getaran yang di hasilkan mesin agar tidak mengganggu dudukan mesin dan kasko kapal. Usahakan agar getaran dari mesin tidak terlalu besar.,

- Berat dan Besarnya Proposional

Berat dari mesin harus di hitung dengan kekuatan untuk mendorong sebuah kapal. Karena filosofi pemilihan mesin penggerak adalah menggerakan kapal dan melawan daya hambat arus yang menghadang kapan.

- Daya dan Putaran Mesin Sesuai

Usahakan setelah kita mengetahui berapa daya atau biasanya terhitung dalam PK dan Putaran dalam RPM harus kembali di pastikan , Jangan sampai kita membeli mesin 24 PK/1300 RPM ternyata hanya 18 PK/ 1000 RPM. Nelayan dalam ini akan di rugikan


Demikian sekilas Tentang Pedoman memilih Mesin Penggerak kapal Perikanan.

Semoga bermanfaat,  

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Memilih Mesin Penggerak Kapal Perikanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close