Cara Menjaring Ikan Di Sungai

Cara menjaring Ikan di sungai - Menjaring ikan adalah hal yang biasa dan sering dilakukan oleh seseorang yg suka atau hobi didalam menangkap ikan. 

Biasanya Untuk Penghobby mancing mania menggunakan alat tangkap pancing. Kita akan membahas bagaimana mancing mania menggunakan alat tangkap jaring.

Menangkap ikan menggunakan jaring sering dilakukan oleh seseorang baik dilaut maupun di air sungai atau di air tawar. 

Menjaring ikan di laut tentu mempunyai cara tersendiri, atau mempunyai teknik yg berbeda dengan menjaring ikan di air sungai. Kali Ini Untuk Teknik Menjaring Ikan di sungai Cukup Dengan Menggunakan alat tangkap Tradisional.

Pada kali ini Menjaring ikan di sungai menggunakan Jaring Gillnet, dan gillnet termasuk dalam alat tangkap ikan yang ramah lingkungan.

Dan saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang cara menjala ikan yaitu, cara menjaring ikan di air sungai. 

 Cara Menjaring Ikan Di Sungai

Cara Menjaring Ikan Di Sungai
GILLNET
Menjarin Ikan di sungai mempunyai Tantangan tersendiri karena kita harus turun ke air untuk mengoperasikan alat tangkap jaring berupa jala ikan.

Baiklah sesuai judul diatas Cara Menjaring Ikan di Air Sungai akan saya jelaskan sebisa mungkin sesuai pengetahuan yang saya ketahui dan punya, langsung saja berikut ini adalah tahapannya :

Hal Penting Sebelum Menjaring Ikan

Sebelum Menjaring harus Perhatikan berikut langkah-langkah dibawah ini

1. Siapkan jaring Gillner atau jaring lembar berukuran mata jaring dimana penentuan mata jaring berdasarkan ikan yang  ingin didapatkan. Semakin besar mata jaring maka semakin besar ikan yang di dapat


2. Usahakan ukuran jaring sampai ke sebrang sungai tepi ke tepi. Semisal jarak tepi sungai itu 40 meter maka usahakan jaring lebih dari 40 meter.

3. Perhatikan jaring ikan supaya tidak ADA rusak, bolong atau sobek besar, melebihi ukuran ikan, Di khawatirkan ikan akan lolos dari jaring

4.  Alat Tangkap Jaringa harus diberi pemberat yang bertujuan agar jaring bisa tenggelam atau terbena, sampai ke dasar sungai

Pelapung jaring juga diperhatikan, jika pelapung sedikit usahakan menambah dengan kisaran jarak antar mata jaring. Biasanya untuk jarak nya berkisar 40 cm

Cara Menjaring Ikan


1. Menjaring ikan pada air sungai atau air tawar lakukanlah pada malam hari, karena pada malam hari ikan tidak bisa melihat jaring yg telah dirantang dan dipasang. dan pasanglah jaringan pada air sungai yg tenang dan berlubuk.

2. Pasang jaring ikan dengan cara melereng / miring sesuai arus air mengalir, dan usahakan jaring ikan tersebut sampai kedasar air. Karena ikan pada malam hari sering bermain pada dasar air untuk mencari makanan. Dan Ikan dasar sungai sangat nikmat dagingnya

3. Setelah jaring dirantang atau dipasang, lalu berilah makanan ikan disekitar jaring dengan cara, masukan umpan kedalam plastik lalu dilubang kecil-kecil dan kasih pemberat supaya tenggelam, lalu benamkanlah makanan tersebut didekat jaring yg telah dipasang.

4. Lalu lakukanlah pembukaan jaring pada pagi hari, maka jaring ikan yang telah dipasang Akan membuahkan hasil yg cukup memuaskan.


Selain Menggunakan Jaring Gillnet untuk menangkap ikan di sungai bisa menggunakan jala ikan. Dan jala ikan bisa di buat dengan mudah. Cara membuat jala ikan tak perlu modal banyak hanya teknik dan kesabaran modalnya.

Baiklah, mungkin hanya ini teknik cara menjaring ikan di sungai dapat saya jelaskan . Jika ADA pertanyaan langsung saja Inter-Services Intelligence kolom komentar berikut dibawah ini dengan kata-kata baik dan sopan.

Mancing Mania, MANTAP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close