SPESIFIKASI KAPAL PERIKANAN SANGAT LENGKAP

Spesifikasi Kapal Perikanan - Pengertian Kapal Perikanan  diartikan sebagai kapal atau perahu atau alat apung lainnya yang digunakan untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan termasuk melakukan survei atau eksplorasi perikanan.

Ada dua jenis Kapal perikanan dan untuk keduannya mempunyai fungsi dan manfaat berbeda. Jenis kapal Perikanan antara lain ;

- Kapal Penangkap Ikan
- Kapal Pengangkut Ikan.
- Kapal Latih
- Kapal Survei
- Kapal Pengawas

 Spesifikasi Kapal Perikanan


Spesifikasi Kapal Perikanan

Karakteristik Kapal Perikanan

Kapal Perikanan mempunyai Karakter yang tidak sama dengan kapal semisal kapal niaga, kapal barang maupun kapal tanker. sehingga kapal perikanan mempunyai keunikan tersendiri. 

Berkaiatan dengan fungsi yg sebagian besar buat kegiatan atau aktifitas penangkapan ikan, maka harus jua memenuhi syarat khusus buat mendukung keberhasilan kegiatan tersebut yg mencakup: kecepatan, olah gerak/mneuver, ketahanan stabilitas, kemamapuan jelajah, konstruksi, mesin penggerak, fasilitas pengawetan & prosesing serta peralatan penangkapan.

Secara umum Karakteristik kapal perikanan antara lain :

1. Kecepatan Kapal

Kapal penangkap ikan biasanya membutuhkan kecepatan yg tinggi, lantaran buat mencari dan mengejar gerombolan  ikan. Disamping iitu juga untuk mengangkut beban tangkapan dalam keadaan segar sebagai akibatnya dibutuhkan waktu saat relatif singkat. Kecepatan Ini memang tidak untuk semua kapal perikanan.Contoh yang membutuhkan kecepatan adalah Kapal purse seine, Kapal pole and line dan kapal pengawas perikanan.

2. Manuver Kapal

Kapal perikanan memerlukan olah gerak/manuver kapal yang baik terutama pada saat operasi penangkapan dilakukan. Misalnya dalam waktu mencari, mengejar gerombolan  ikan, pengoperasian alat tangkap & sebagainya. Manuver ini yang harus selalu di perhatikan dalam mengoperasikan kapal ikan. Apabila salah dalam bermanuver maka resikonya adalah kehilangan hasil tangkapan.

3. Ketahanan Stabilitas

Kapal perikanan harus memiliki ketahanan stabilitas yg baik terutama pada ketika operasi penangkapan ikan dilakukan. Ketahanan terhadap hempasan angin, gelombang dan sebagainya. Dalam hal ini kapal perikanan seringkali mengalami olengan yanng cukup tinggi. Dan Setiap WPP perikanan untuk bentuk ketahanan stabilitas kapal menyesuaikan dengan daerah perairan tersebut.

4. Kemampuan jelajah

Kapal perikanan harus memiliki kemampuan jelajah, buat menempuh perjalanan yg sangat tergantung pada syarat lingkungan perikanan, seperti: konvoi gerombolan  ikan, fihing ground dan ekspresi dominan ikan. Sehingga jeda pelayaran sanggup jauh, seperti contoh model kapal Tuna Long Line.

5. Konstruksi Bentuk

Konstruksi bentuk kapal perikanan wajib  bertenaga terhadap getaran mesin primer yg umumnya memiliki berukuran PK lebih besar dibanding kapal barang atau niaga lainnya yang seukuran, benturan gelombangg & angin akan lebih berpengaruh banyak karena kapal perikanan seringkali memotong gelombang dalam saat mengejar kelompok ikan.


Mesin penggerak utama kapal (mesin engine) kapal perikanan, ukurannya wajib  sedang  tetapi mempunyai kekuatan dan daya mesin yang tinggi serta ketahanan mesin agar  tetap hidup dalam kondis syarat olengan maupun trim pada waktu yang lama  , mudah dioperasikan maju dan mundur dimatikan maupun dihidupkan.

7. Fasilitas Pengawetan & Pengolahan

Kapal perikanan umumnya digunakan pula buat mengangkut dan menampung hasil tangkapan berupa ikan sampai ke pelabuhan. Dalam pengangkutan diharapkan ikan tangkapan tetap pada keadaan segar, maka dari itu kapal perikanan harus dilengkapi menggunakan tempat penyimpanan ikan/palka yg berinsulasi & umumnya buat menyimpan es tetapi terdapat yang dilengkapi menggunakan mesin pendingin loka pembekuan ikan, bahkan ada pula yang dilengkapi dengan wahana atau pabrik proses pengolahan.


Kapal perikanan umumnya membutuhkan perlengkapan penangkapan, misalnya: Line hauler, net hauler, trawl winch, purse winch, power block dan sebagainya.Perlengkapan penangkapan, tergantung pada alat tangkap ikan yg digunakan pada operasional.

Klasifikasi Kapal Perikanan

Setelah Kita mengetahui yang Karakteristik dari bentuk Kapal perikanan maka selanjutnya kapal perikanan. 

Klasifikasi kapal perikanan baik ukuran, bentuk, kecepatan juga konstruksinya sangat ditentukan sang peruntukkan kapal perikanan  tadi. Demikian juga menggunakan kapal penangkap, masing-masing mempunyai karakteristik spesial  , ukuran, bentuk, kecepatan & perlengkapan yg tidak sama maka di golongkan dalam beberapa Klasifikasi Kapal Perikanan antara lain :

1.      kapal penangkap ikan

Kapal penangkap Ikan ialah  kapal yang dibuat dan digunakan khusus untuk menangkap ikan sesuai dengan alat penangkap ikan dan teknik penangkapan ikan yang digunakan termasuk manampung, menyimpan dan mengawetkan. Ada beberapa jenis kapal penangkap ikan dan karakternya pun berbeda - beda

2.      Kapal pengangkut hasil tangkapan

Kapal pengangkut hasil tangkapan adalah kapal yang dikonstruksi khusus dan dilengkapi dengan palka khusus yang digunakan untuk menampung, menyimpan, mengawetkan dan mengangkut ikan hasil tangkapan. Kapal Penampung Ikan juga di gunakan untuk membeli ikan dari nelayan nelayan. Selain itu kapal penampung ikan juga kadang menampung perbekalan untuk mensuplai kapal perikanan.

3.      Kapal survey

Kapal survey adalah kapal yang dikonstruksi khusus untuk melakukan kegiatan survey Perikanan dan Kelautan. Kapal ini umumnya di gabung dengan jenis kapal latih

4.      Kapal latih

Kapal latih adalah kapal yang dikonstruksi untuk pelatihan penangkapan ikan. Didalam kapal latih terdapat berbagai macam alat tangkap dan macam alat bantu penangkapan ikan.

5.      Kapal pengawas perikanan

Kapal pengawas perikanan adalah Kegiatan-kegiatan pengawasan kapal-kapal perikanan. Kapal ini di desain untuk menjadi kapal cepat dan kapal ini juga dilengkapi berbagai persenjataan untuk menangkap kapal illegal fishing.

Belum ada Komentar untuk "SPESIFIKASI KAPAL PERIKANAN SANGAT LENGKAP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close