Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran

Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran - Kegiatan atau pekerjaan Menentukan posisi kapal dilakukan pada ketika kapal melakukan pelayaran berdasarkan satu pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya menggunakan haluan yang sudah direncanakan didalam peta dan menggunakan peta dengan skala yg tidak sama. DImana kita harus menentukan posisi kapal kita atau kapal lainnya di dalam pelayaran.

Posisi Kapal

Apabila kita sudah mengetahui atau mengerti tentang dimana kedudukan atau posisi kapal kita, maka kita mempunyai suatu titik tolak terpecaya dan tak di ragukan untuk berbagai bagian bagian dalam kebijakan navigasi atau penentuan pelayaran Dan fungsi atau tujuan dari kita mengetahui posisi kapal antara lain :

Cara Menentukan Posisi Kapal  Pelayaran
Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran
Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran

memilih jalur atau arah arah ke titik yang dituju,

Kita bisa memperhitungkan jarak dan waktu yang akan kita tempuh, Semakin cepat maka kapal kita akan semakin hemat BBM. Dengan Hemat BBM maka ada keuntungan yang bisa kita peroleh.

menjauhi rintangan, menjauhi gosong gosong, dan menjauhi bahaya bahaya lainnya

menjauhi rintangan, menjauhi gosong gosong, dan menjauhi bahaya bahaya lainnya. Setelah kita bisa menentukan jalur maka dengan Peta kita bisa menghindari beberapa kemungkinan yang akan mengakibatkan kapal dalam keadaan 

Memilih haluan dan atau laju kecepatan yang paling ekonomis

Memilih haluan dan atau laju kecepatan yang paling ekonomis, Penentuan jarak dan jalur maka kita bisa menghitung jarak terdekat dari tujuan tanpa menimbulkan bahaya untuk kapal.

Memastikan bahwa letak duga geografis dan menentukan ETA

Memastikan bahwa letak duga geografis dan menentukan ETA ( Estimated Time of Arrival ),Kondisi geografis pun kita bisa ketahui dengan bisa kita menentukan posisi kapal.

memilih kedalaman dan arus yang dialami.

Kondisi kedalam dan arus di dalam peta sudah tertulis dan tergambarkan dan kita pun bisa ikut menentukan arah haluan kita berdasarkan kedalaman dan arus.

Membaring Posisi atau menetukan posisi pada Suatu saat kita wajib  memindahkan posisi kapal dari satu peta kepeta lainnya menggunakan skalanya tidak sinkron, maka kerjakan sebagai berikut :

1. Jika posisi tersebut dinyatakan dengan baringan-baringan atau jarak

Jika posisi tersebut dinyatakan dengan baringan-baringan atau jarak, maka :

-   Gambarkan baringan yg sama menggunakan peta I ke peta II

- Ukurlah jarak dipeta I dengan skala lintangnya, dan menggunakan cara yang sama diukurkan pada peta II

-  Perpotongan jarak menggunakan garis baringan pada peta II merupakan posisi kapal yang sudah dipindahkan

2. Jika posisi kapal dinyatakan menggunakan lintang & bujur

Jika posisi kapal dinyatakan menggunakan lintang & bujur, maka :
-    Tentukanlah lintang & bujur posisi kapal pada peta I
-    Pindahkan posisi (lintang dan bujur) dipeta II

Cara ini dipakai apabila tidak ada sama sekali baringan atau jarak dari benda-benda darat. Cara Menentukan Posisi Kapal Pelayaran mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting

Untuk penentuan posisi kapal, kita wajib  merogoh baringan-baringan benda darat, tanjung, gunung, pelampung atau baringan benda angkasa. Tak lupa Pula kita harus mengetahui juga tentang arah mata angin yang akan kita baring atau  tentukan posisi.

Agar posisi kapal kita benar maka baringan yg diambil wajib  pas dan sahih (sejati). Untuk itu kita harus selalu mengetahui kesalahan pedoman & pengambilan benda baringan harus lebih berdasarkan satu benda. Pembanding dalam membaring di usahakan lebih dari satu

3. Menggunakan Radar

Cara ini terbilang modern dan panduan panduan penggunaan radar sudah ada dalam manual book di setiap peralatan radar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close