Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass

Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass - Kapal yg terbuat dari Fiber glass merupakan type kapal cepat , digunakan sebagai kapal Patroli, kapal eksklusif, atau kapal buat transportasi laut atau sungai, 

Kapal Fiber

Saat ini Kapal Fiber atau perahu fiberglass juga sudah banyak digunakan pada kapal perikanan. Diera menteri susi Pekerjaan Pembuatan kapal atau perahu fiber glass bahan sudah ratusan kapal dengan ukuran 3, 5, 10 dan 20 Gross Ton.

Penggunaan kapal fiber di dasari atas cara membuat yang mudah, karena bobot yang ringan dan cukup bertenaga, Sera Bahan fiber glass yang mudah di dapatkan.

Karena alasan tersebut sehingga kerja berdasarkan motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara maksimal ,mesin kapal fiberglas memakai mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .Atau mesin bensin tempel. Semua jenis perairan bisa di masuki oleh kapal berbahan fiber glass.

Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass

KAPAL BERBAHAN FIBER GLASS
KAPAL BERBAHAN FIBER GLASS


Penjelasan mengenai  fiberglass:


Secara theory, fiberglass itu kalo pada bahasa ilmiahnya jarang ditemui, yg dimaskud fiber/serat adalah penguatnya saja, yg termasuk dalam hal ini pula carbon fiber, atau aramid, 

Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. Dan itu memang yg di gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah kapal atau bisa juga buat kendaraan,alat – indera rumah tangga seperti tangki air dan sebagainya.

Jadi yg liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yang biasa digunakan adalah Epoxy resin, umumnya orang menyebutnya resin saja. 

Bahan Fiber Glass

Bahan Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer umumnya dicampur apa yang diklaim menjadi katalis/hardener (keduanya terjual terpisah).

Hardener ini yg akan membantu resin menjadi polimer dan menjadi keras. Buat memperkuatnya dibubuhi fiber( woven roving/mat) didalam adonan resin +hardener = jadilah apa yg bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tersebut.

Karena mengandalkan reaksi saja maka nir memerlukan material yg aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa apa ajah pada dasarnya mampu pula kayu atau plat, tapi klo buat cetakan membikin kapal usahakan digunakan dari kayu menggunakan teriplex disamping pleksible bahannya murah dan gampang didapat.


Sebelum memulai menilik atau membahas cara membuat kapal fiber/ menciptakan kapal dari bahan fiberglass, usahakan kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yg akan dipakai :

Membuat Kapal Fiber glass

Bahan – Bahan :

1. Minyak Resin( epoxy resin ) : 

minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi dan residu flora
Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass

2. Katalis (catalis) : 

cairan kimia buat campuran minyak resin supaya terjadi pengerasan secara kimia atau acapkali pula di sebut hardener. Semakin banyak menggunakan katalis maka adonan atau campuran fiber glass akan semakin cepat mengering.
Gambar : Katalis/Hardener
Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass


3. Talk (tepung spesifik) :

 talk diguna buat membuat lem fiber(jackcoat) dan buat membuat adonan cat plincoat

4. Mat/mesh (serat halus) : 

terbuat berdasarkan bahan polyester,berguna sebagi media lapisan bagian atas sebuah plat fiber

Gambar : 
Cara Membuat Kapal Berbahan Fiber Glass




5.Roving (serat kasar) : terbuat berdasarkan bahan polyester/epoxy,dipakai sebagi media
Lapisan tengah dari plat fiberglass.


6. Kayu dan Triplek glossi : dipakai untuk menciptakan mold (wadah cetakan) bentuknya dibentuk sebanyak gambar/design permukaan luar dari lambung kapal.

7. Cat Plincoat : digunakan buat mewarnai sekaligus menghaluskan bagian atas lambung kapal.

8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo listik,alat nafigasi,alat komunikasi dan lain-lain sinkron kebutuhan.

Peralatan pembuatan perahu fiberglass yang dipakai :

1. Kuas Roll/& Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Alat alat pekerjaan Kayu / Perkakas Tukang kayu.

Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal berdasarkan Fiber:

Langkah dalam pengerjaan kapal fiber sama dengan pembuatan kapal pada umumnya. dimana tahapan pembuatan kapal fiber di mulai dari pembuatan gading, pembutan lunas dan pembuatan lambung semua mengacu pada gambar dan bentuk yang di inginkan. 

Adapun Langkah langkah pengerjaan atau cara membuat kapal Fiber adalah sebagai Berikut :

1. Pertama kita buat dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal (sebaiknya dibentuk di lokasi dekat laut/sungai besar ) menggunakan kayu dan teriplek seperti gambar no 1 (mold/cetakan). Biasanya dalam pembuatan cetakan kita harus mendapatkan sebuah bentuk yang sempurna. Apabila cetakan tidak sempurna maka hasil dari cetakan pun akan kurang baik. 



2. Setelah mold (cetakan) terselesaikan , terlebih dahulu bagian atas dalam dari mold (cetakan) dilumasi dahulu menggunakan polish buat memudahkan pembukaan mold setelah proses pembuatan kapal selesai , 

kemudian cat dengan cat plincoat menjadi proses pewarnaan lambung kapal ( rona cat diadaptasi menggunakan impian), cat plincoat didapatkan dari adonan talk, 

cat acrilic serta minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis pada campur dalam campuran cat plincoat pada waktu dipakai saja / ketika proses pengejaan saja).

Selesainya cat plincoat pada cetakan kemarau & telah dihaluskan dengan amplas disc menggunakan menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap dimulai,lapisan pertama menggunakan balutan mat/mesh (serat halus) 

dan yang ke 2 dengan roving (serat kasar) serta balutan terakhir menggunakan mat lagi,seluruh lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor menggunakan minyak resin yg telah dicampur katalis menggunakan memakai kuas roll, 

takaran adonan minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yg hendak diinginkan,contoh: lima liter minyak resin dilaruti sang 5 cc cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-5 mnt(menggunakan asumis cuaca cerah), 

ketebalan lambung kapal tergantung berdasarkan besar  dan kecilnya ukuran kapal yg dibentuk ,

semakin lebar dan besar  sebuah kapal harus semakin tebal juga lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal merupakan sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali buat proses penebalannya.


3.Setelah proses termin pekerjaan Perahu berbahan fiber pada no 2 selasai lambung kapal diberi tulang tulang fiber buat memberi kekuatan pada lambung kapal, 

selanjutnya kepada termin pembuatan ruangan-ruangan pada kapal sinkron menggunakan design gambar yg dibentuk menggunakan pembuatan balik  mold atau mampu pula menggunakan langsung dibentuk menggunakan plat fiber,

pembuatan plat fiber juga tulang fiber sama dengan proses pembuatan lambung kapal  atau perahu namun mold (cetakan) sebuah flat fiber bentuknya seperti sebuah lantai & mold menurut tulang fiber bentuknya misalnya tiang kayu.

4. Ruangan yg perlu dibuat didalam lambung kapal merupakan tangki bahan bakar,ruangan mesin (bila menggunakan mesin dalam) instalasi kemudi (haluan) lainya, untuk tangki air bersih usahakan dibuat diatas atap kapal.

5. Aksesoris tambahan lainnya sanggup dibuat diluar badan kapal dengan cetakanya misalnya menciptakan pintu,tangga,teralis,bingkai jendela & lain-lain. 

Contoh dibawah merupakan proses pembuatan pintu kapal,atau  pintu perahu berbahan fiber

A. Mold / cetakan yg permukaannya sudah diberi polish ( pelicin

B.Mold/cetakan di kasih cat plincoat

C. Seluruh bagian atas cetakan dibalut menggunakan mat+woven & di cat (dicor)menggunakan resin yg telah di campur katalis/hardener menggunakan kuas roll/biasa.

D. Proses penyiraman adonan minyak resin telah selesai & tunggu hingga kemarau.

E. Pintu Perahu fibergalss telah di lepas berdasarkan cetakannya & bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan menggunakan gerinda.

F. Pintu fiberglass sudah terselesaikan dihaluskan dengan gerinda.

G. Pintu berbahan fiberglass telah terselesaikan pada buat dan siap dipasang

6. Proses terakhir yaitu finishing body kapal (pendempulan & pengecatan) dan memasang mesin ( untuk mesin penggerak yg di instalasi didalam lambung kapal wajib  disertai dengan pemasangan blower atau kipas pendingin) , dan kasesoris lainya.


Kapal Berbahan Fiber Glass

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close