Alat Bantu Penangkapan Gill Net

Alat Bantu Penangkapan Gill Net - Perangkat pada penangkapan ikan menggunakan Jaring Insang atau Giilnet sangat banyak. Penggunaan Mesin bantu adalah meringkan pekerjaan nelayan gillnet. Atau dengan Kata lain penggunaan pesawat bantu penangkapan bisa memberikan efisiensi dan efekti dalam pengoperasian alat tangkap jaring insang.

Adapun instumen - instrumen alat bantu penangkanan Gillnet antara Lain : Winch, Cone Roler, Kapstan dan Net hauler. Untuk penjelasan tentang jenis alat bantu tersebut bisa di lihat di bawah Ini.

Alat Bantu Penangkapan Gill Net

1. Winch

Winch Gillnet
Winch Gillnet
Pada Penangkapan Jaring Insang / Gillnet, mesin bantu winch digunakan untuk menarik jaring dengan menggulung langsung keseluruhan badan jaring ke dalam drum penggulung bertenaga hidrolik. 

Penggunaan Hidrolik karena putaran yang di hasilkan lebih stabil dari tenaga motor listrik atau diesel. Winch disebut juga dengan Net drum.

2.Cone Roler

Cone roller adalah alat penarik jaring yang tersusun dari dua buah silinder karet yang berputar berlawanan arah, sehingga jaring berikut pelampung dan pemberatnya dapat digiling bersama untuk menarik ke atas kapal. 

Cone roller digerakkan dengan tenaga hidrolis dengan kecepatan antara 20-60 m/menit. Kecepatan tarik, daya kuda, dan putaran kerja Cone roller sangat tergantung pada ukuran kapal, jumlah gillnet yang selalu dioperasikan pada setiap setting, serta kemampuan ekonomi nelayan yang bersangkutan untuk mengadakan alat tersebut.


3. Kapstan

Berdasarkan fungsi kerja, kapstan merupakan mesin bantu yang digunakan untuk beragam keperluan penarikan, seperti menarik tali selambar pada gillnet. Sedangkan tenaga penggerak yang digunakan untuk memutar sistem kapstan, pada umumnya kapal nelayan di Indonesia menggunakan tenaga mesin diesel. 

Sebagian besar mesin bantu penangkapan ikan berupa kapstan langsung dihubungkan dengan mesin induk (motor induk/utama penggerak kapal), dengan sistem penyambungan/transmisi menggunakan gardan mobil sebagai transmisi. 

Mesin bantu kapstan dengan sistem transmisi yang demikian sering disebut dengan “kapstan-gardan” oleh nelayan.

4. Net Hauler

Net Hauler Gillnet
Net Hauler Gillnet

Net hauler adalah alat bantu penangkapan ikan pada kapal gill net yang digunakan untuk penarikan jaring yang telah ditabur di laut, agar jaring lebih ringan ditarik dan mudah ditata kembali di atas geladak. Pada umumnya kecepatan tarik yang dibutuhkan antara 30 m/s – 90 m/s. 

Cara pengoperasian Net hauler adalah hanya dengan menarik jaring Gill net melalui drum berbentuk konikal dan jaring insang tidak digulung langsung di dalam drum penggulung, 

melainkan bagian jaring yang sudah ditarik di belakang Net hauler, kemudian diatur untuk persiapan penurunan jaring kembali (setting).

Net hauler yang digunakan pada kapal Gill net dapat dibedakan atas 2 tipe. Pada kapal yang dilengkapi dengan cone roller umumnya dilengkapi pula dengan net hauler tipe memanjang,

ditempatkan di tepi atas pagar kapal dengan tujuan memperingan kerja cone roller dan memudahkan nelayan pada saat melepaskan ikan yang terjerat mata jaring. Tipe ini lebih dikenal dengan side roller. 

Tipe lainnya yaitu net hauler berbentuk blok (power block), ditempatkan di atas geladak kerja pada sisi arah hauling, untuk menarik jaring pada waktu hauling, pemberat, pelampung beserta jaringnya disisipkan pada blok (roller) yang berputar digerakan dengan tenaga hidrolik. 

Alat ini hanya untuk menangkap ikan-ikan tuna kecil.



Alat Bantu Penangkapan Gill Net

Belum ada Komentar untuk "Alat Bantu Penangkapan Gill Net"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close