Jenis Jenis Lampu DI Kapal Perikanan

Jenis Jenis Lampu DI Kapal Perikanan - Penggunaan Lampu di kapal perikanan, selain untuk penerangan juga di gunakan untuk alat bantu penangkapan ikan. Untuk Penerangan di kapal, lampu lampu yang di gunakan adalah;
- Lampu Sorot
- Lampu kerja deck
- lambu di Kamar mesin
- Lampu kamar ABK


Selain lampu penerangan pada kapal perikanan juga ada lampu Navigasi. Lampu Navigasi dapat di artikan sebagai lampu - lampu kapal yang harus dipasang pada waktu kapal berlayar diantara matahari terbit dan terbenam, sedemikian rupa sehingga jenis kapal, letak dan arah kapal dapat diketahui. Adapun yang termasuk lampu - lampu navigasi yaitu antara lain :


1. Lampu Lambung ( Side Light )

Jenis Lampu navigasi ini adalah Lampu - lampu navigasi berwarna merah sisi sebelah kiri dan warna hijau sisi sebelah kanan, yang dipasang disisi kapal dengan ketinggian sama dengan navigation bridge deck dan sudut sinar 112.5 derajat. Kegunaan dari lampu lambung adalah untuk menegetahui disaat bersinggungan atau berhadapap dengan kapal yang lain. Lampu lambung juga di gunakan di saat memasukin sebuah pelabuhan perikanan. 

2.Lampu - Lampu Jangkar ( Anchor Light )

Jenis Lampu navigasu lampu jangkar adalah Lampu isyarat yang dipasang pada ujung haluan kapal, yang memberikan isyarat pada waktu malam hari bahwa kapal sedang lego jangkar. Pada kapal Perikanan penggunaan lampu jangkar sangat jarang di gunakan karena posisi malam biasanya kapal perikanan melakukan operasi penangapan ikan.



Syarat Lampu Jangkar antara lain :

- Warna Lampu Putih
- Jangkuan sinar lampu terlihat dari jarak 3 mill
- Sudut Dari Sinar 360 derajat dan
- Tinggi dari geladak 6 Meter

3. Lampu Buritan ( Stern Light )

Lampu navigasi berwarna putih yang dipasang pada buritan kapal dengan sudut sinar 135 derajat, tinggi vertikal pada jarak 15 ft lebih rendah dari lampu jangkar 15 x 0,3024 = 4,536 meter.

4. Lampu Isyarat Tanpa Komando ( Not Under Command Light )

Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal dalam keadaan tidak dikendalikan. Lampu ini dipasang pada tiang agung ( Masthead ) dengan sudur sinar 225 derajat dan berwarna merah.

5. Lampu Tanda Muatan Bahaya ( Dangerous Cargo Light )


Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal membawa muatan atau sedang membongkar dan memuat muatan yang berbahaya. Lampu ini dipasang pada puncak tiang agung dengan sudut sinar 360 derajat dan berwarna merah.

Itulah Sebagian dari jenis jenis lampu di kapal perikanan, semoga artikel ini bisa bermanfaat

Related Posts:

0 Response to " Jenis Jenis Lampu DI Kapal Perikanan "

Post a Comment