KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG

KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG - Kabupaten Rembang merupakan Kabupaten yang terletak di wilayah pantai Utara Pulau Jawa, yang mempunyai wilayah seluas 1.014 km2 dengan garis pantai sepanjang 63,5 km. 

Sebesar 35,5% dari luas wilayah Kabupaten Rembang tersebut merupakan wilayah pesisiryaitu sebesar 355,95 km2

KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG

KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG
KAB REMBANG
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Kabupaten Rembang mempunyai potensi yang cukup besar di bidang perikanan dan kelautan. Sebagaimana dapat dilihat pada Gambar III.1, secara administrasi, Kabupaten Rembang terletak berbatasan dengan:
-  Sebelah Utara      :  Laut Jawa
-  Sebelah Selatan   :  Kab. Blora
-  Sebelah Barat      :  Kab. Pati
-  Sebelah Timur     :  Kab. Tuban (Provinsi Jawa Timur)

Secara geografis, Kabupaten Rembang terletak di antara 111o00’ – 111o30’ Bujur Timur dan 06o30’ – 07o00’ Lintang Selatan, yang meliputi 14 kecamatan, yaitu Kecamatan Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan, Sarang, Sale, Sedan, Gunem, Pamotan, Sulang, Sumber, Bulu, dan Pancur. 

Dari ke-14 kecamatan tersebut di atas, 6 kecamatan merupakan kecamatan pantai, yaitu Kecamatan Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan dan Sarang.

Iklim di Kabupaten Rembang adalah iklim tropis, dengan musim kemarau dan penghujan yang berlangsung silih berganti sepanjang tahun. Suhu bulanan minimum 21,3oC dan suhu maksimum 30,7oC.  Jumlah curah hujan  dalam setahun mencapai rata-rata 16,5 mm/bulan dan tergolong daerah beriklim kering. 

Pada umumnya curah hujan tersebut tidak merata sepanjang tahun, di mana pada bulan-bulan tertentu curah hujannya cukup tinggi, yaitu bulan Oktober sampai Maret. Sedangkan di bulan-bulan lainnya curah hujannya rendah.

Belum ada Komentar untuk "KONDISI UMUM PERIKANAN KAB REMBANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close