PENANGANAN RAJUNGAN SETELAH PENANGKAPAN

Penanganan Rajungan Setelah Penangkapan - Penangkapan rajungan segar dengan 1 trip lebih satu hari diperlukan coldbox untuk menyimpan hasil tangkapan rajungan segar supaya mutu rajungan tetap terjaga tingkat kesegaranya antara lain :

- Jenis - jenis rajungan hasil tangkapan bubu rajungan yang dipilih adalah ukuran komersial lebih dari 150 gram.

Penanganan Rajungan
Penanganan Rajungan
- Apabila kapal penangkap rajungan berukuran kecil kurang dari 5 GT digunakan cold box portable dengan kapasitas mulai 50,  100, dan 200 Kg yang dilengkapi dengan lubang penirisan ( Drain hole ) untuk membuang air lelehan es/ es yang mencair.

Penanganan Rajungan Setelah Penangkapan

- Bak pendinginan ( Chilling ) dan pencuci rajungan pemakaina es. Perbandingan es curah dengan air laut 2 : 1.

Penangan rajungan segar merupakan salah satu bagian penting dari mata rantai perdagangan rajungan atau industrilisasi rajungan. Peralatan perebusan rajungan berfungsi untuk melindungi rajungan dari kemunduran mutu daging rajungan setelah proses penangkapan.

Untuk itulah di harapkan dengan penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan bisa menjadikan nelayan memanen usaha penangkapan ikan dengan rajungan

Alat Tangkap Rajungan yang di rekomendasi antara lain ;

  • Bubu Rajungan
  • Jaring Kejer
Kedua alat tangkap ikan tersebut terbukti sangat efektif untuk menangkap rajungan, Untuk harga ikan rajungan se kilo bisa tembus harga 80 ribu rupiah.

Sentra sentra penangkapan Rajungan masih di dominasi nelayan nelayan di pantai utara jawa dan paling banyak di daerah cirebon dan demak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close